Avnet Technology Solutions Ditunjuk sebagai Distributor Ekslusif IBM PowerLinux di Indonesia

 Jakarta –   3 Maret 2014 - Avnet Technology Solutions, perusahaan distributor solusi terkemuka dan sebagai bagian dari grup operasi Avnet, Inc (NYSE: AVT) hari ini mengumumkan penunjukkannya sebagai Distributor Ekslusif IBM PowerLinux di Indonesia. Penunjukkan ini memperluas kemampuan Avnet untuk mendukung IBM dalam menangani kebutuhan aplikasi Linux para pelanggan secara lebih efektif. Solusi PowerLinux terbaru dan berkemampuan tinggi ini menjawab kebutuhan pelanggan yang terus tumbuh dalam menggunakan big data, analytics dan aplikasi Java generasi terbaru dalam lingkungan open cloud. PowerLinux dan berbagai sistem pendukungnya didesain untuk memberikan downtime yang lebih rendah,  kehandalan terbaik, kinerja tinggi dan harga yang kompetitif kepada para pelanggan, dibandingkan dengan platform Windows x86.

“Desain unik IBM Power Systems, dikombinasikan dengan berbagai solusi dan software sistem memberikan kemampuan analisa dan komputasi untuk memproses dan mengelola beban kerja analitik yang terus tumbuh dimana hal tersebut sangatlah penting dalam transformasi data. Oleh karena sistem ini dibuat di platform terbuka seperti Linux, IBM Power Systems memberikan fleksibilitas dan pilihan bagi organisasi di semua ukuran untuk mengubah data mentah yang jumlahnya besar menjadi wawasan bisnis yang dapat ditindaklanjuti,” ujar Gunawan Susanto, Systems and Technology Group Country Manager, IBM Indonesia. “Untuk mendukung tren yang berkembang ini, IBM akan terus memperkuat dan menjaga dukungannya bagi ekosistem terbuka kami, termasuk peluncuran produk, aplikasi, dan kolaborasi terbaru. Untuk mendukung semua ini, kami menunjuk Avnet sebagai distributor ekslusif kami untuk berbagai penawaran IBM PowerLinux kami, di pasar Indonesia.”

Menurut IBM, 90 persen data dunia diciptakan dalam kurun waktu dua tahun terakhir dan aliran deras data ini tidak memperlihatkan tanda-tanda perlambatan. Solusi big data yang dibangun pada platform IBM PowerLinux ini dirancang untuk memanfaatkan ledakan data dalam yang dihadapi pebisnis.

“Melalui penunjukkan ini, kami yakin bahwa perusahaan di Indonesia dapat memanfaatkan server IBM PowerLinux, maupun aplikasi software dan middleware terbaru untuk mengantisipasi pertumbuhan big data,” ujar Setyo Handoyo Singgih, country general manager, Avnet Datamation Solutions.

IBM Power Systems dan dukungannya terhadap Open Source

IBM membuktikan dukungan globalnya bagi komunitas Open Source dengan pengumuman yang dibuat pada September 2013 dengan merencanakan investasi $ 1 miliar (USD) bagi teknologi Linux dan open source terbaru di IBM Power Systems. Investasi tersebut bertujuan untuk membantu pelanggan memanfaatkan big data dan cloud computing dengan sistem terbaru yang dibuat untuk menangani aplikasi generasi berikutnya yang ada di data center di jaman sebelum PC.

Saat ini, IBM telah memiliki lebih dari 58 tempat di seluruh dunia untuk mendukung inisiatif Linux.

IBM juga mengumumkan adanya OpenPOWER Consortium pada Agustus 2013, ketika Google, Mellanox, NVIDIA, Tyan dan IBM bersama-sama membentuk OpenPOWER Consortium – aliansi pengembangan terbuka dengan memanfaatkan arsitektur mikroprosesor IBM POWER. Konsorsium bermaksud membangun server muktahir, networking, storage dan teknologi akselerasi GPU (Graphical Processing Unit) yang bertujuan memberikan lebih banyak pilihan, kontrol dan fleksibilitas bagi pengembang dalam mengembangkan data center masa depan, mempunyai skalibilitas tinggi dan berbasis cloud.

Inisiatif tersebut menjadikan hardware dan software POWER tersedia untuk pengembangan terbuka untuk pertama kalinya dan juga membuat POWER IP dapat dimiliki oleh publik, secara signifikan memperluas ekosistem inovator di platform tersebut.  Konsorsium akan menawarkan firmware POWER open-source, software yang mengatur fungsi dasar sebuah chip. Dengan melakukan hal tersebut, IBM dan konsorsium dapat menawarkan kustomisasi tanpa batas dalam menciptakan hardware server terbaru dengan berbagai variasi beban kerja untuk komputasi.

 

Teknologi dalam IBM PowerLinux

 

PowerLinux mengabungkan kinerja tanpa banding dari sistem Power dengan kemampuan dan biaya yang efisien dari Linux.

Kombinasi yang menguntungkan ini sangat penting bagi pelanggan yang perlu menjalankan beban kerja penting, terutama di lingkungan komputasi awan, analitik. Hal ini termasuk virtualisasi yang aman dan fleksibel, thread inti prosesor yang muktahir, bandwidth I/O yang tinggi dan caches komputasi yang besar.

Jajaran Server IBM PowerLinux :

·         IBM PowerLinux 7R1 Sever (1-Socket, 4/6/8 CPU Cores)

·         IBM PowerLinux 7R1 Server (2-Socket, 16 CPU Cores)

·         IBM PowerLinux 7R4 Server (4-Socket, 32 CPU Cores)

 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://www.ibm.com/systems/power/software/linux/powerlinux/

 

Solusi Big Data

 

Berbagai tantangan tambahan yang ada dalam memproses data tidak terstruktur, analisis data terstruktur dari sumber tradisional tetap menjadi masalah bagi berbagai organisasi. Kebanyakan bisnis tidak mampu mengimplementasikan platform analitik yang hemat biaya, ber­-bandwidth tinggi agar tetap kompetitif.

Dengan berbagai tawaran PowerLinux dari IBM, bisnis saat ini mendapatkan pilihan yang lebih ekonomis untuk sebuah platform analitik berkinerja tinggi. Server tersebut ideal untuk Cognos Business Intelligence yang memungkinkan para pengambil keputusan untuk bereksplorasi, menganalisis dan mengambil tindakan dengan cepat berdasarkan fakta-fakta kunci yang mendorong bisnis mereka.

Solusi big data IBM PowerLinux membantu bisnis mendapatkan berbagai wawasan baru dengan solusi yang fleksibel dan ampuh dengan menggunakan software Apache Hadoop dan IBM InfoSphere BigInsights untuk menganalisis data statis dan software InfoSphere Streams untuk menganalisis data dinamis. Integrasi dan optimalisasi yang baik dalam menangani beban kerja analitik di PowerLinux memungkinkan bisnis menjalankan ribuan tugas secara parallel untuk memberikan layanan analitik yang lebih cepat.

#####

Tentang Avnet Technology Solutions

Sebagai distributor solusi TI global, Avnet Technology Solutions berkolaborasi dengan para pelanggan dan pemasok untuk menciptakan dan menghantarkan solusi layanan, peranti lunak dan peranti keras yang memenuhi kebutuhan bisnis para pelanggan akhir mereka baik di tingkat lokal maupun seluruh dunia. Kelompok usaha ini melayani para pelanggan dan pemasok di kawasan Amerika, Asia Pasifik dan Eropa, Timur Tengah serta Afrika. Perusahaan menghasilkan pendapatan tahunan US$10,36 miliar pada tahun fiskal 2013. Avnet Technology Solutions adalah grup operasional dari Avnet, Inc. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://www.ats.avnet.com/

 

Tentang Avnet

Avnet, Inc. (NYSE:AVT), yang membawahi 500 perusahaan, merupakan salah satu distributor komponen elektronik, produk komputer, dan perakitan teknologi melayani para pelanggan secara global. Avnet mempercepat keberhasilan mitranya dengan menghubungkan pemasok teknologi terkemuka dengan dengan pelanggan yang luas dengan menyediakan biaya yang efektif, nilai tambah pada layanan dan solusi. Bagi tahun fiscal yang berakhir pada 20 Juni 2012, Avnet berhasil mencapai pendapatan sebesar USD 25.7 miliar. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi www.avnet.com.

#####

Media Contact :

Andry Suryawan

Marketing Manager

 

Avnet Datamation Solutions

 

Phone : +62 21 344 8848

 

Email : Andry.Suryawan@avnet.com